Sunday, June 1, 2014

BAB TENTANG ISTIQAMAH (TEGUH DALAM PENDIRIAN)

Allah Ta'ala berfirman : "Tetap teguhlah kamu pada jalan yang benar sebagaimana yang telah diperintahkan kepadamu". (Hud, 11 : 12)

Allah Ta'ala berfirman : "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan : "Tuhan kami adalah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat akan turun kepada mereka (untuk mengatakan) : "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu dengan (memperolah) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu". Kami (Allah) adalah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia maupun akhirat; didalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh pula apa yang kamu minta. Sebagai hidangan bagimu dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (Fushshilat, 41 : 30-32)

Allah Ta'ala berfirman : "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan : "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap teguh dalam pendirian maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal didalamnya; sebagai balasan atas apa yang mereka kerjakan". (Al-Ahqaf, 46 : 13-14)


  1. Dari Abu 'Amr, ada yang mengatakan Abi 'Amrah Sufyan bin 'Abdullah ra. berkata : "Saya berkata kepada Rasulullah : "Wahai Rasulullah, ajarkan kepada saya suatu ucapan yang mencakup tentang Islam, yang mana saya tidak akan bisa menanyakan kepada selain tuan". Beliau menjawab : "Katakanlah saya iman kepada Allah, kemudian teguhlah kamu dalam pendirianmu itu". (Riwayat Muslim).
  2. Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda : "Biasa-biasa sajalah kamu sekalian didalam mendekatkan diri kepada Allah dan berpegang tegulah kamu sekalian terhadap apa yang kalian yakini. Ketahuilah bahwa tak ada seorang pun diantara kamu sekalian yang selamat karena amal perbuatannya". Para sahabat bertanya : "Tidak juga tuan wahai Rasulullah ?" Beliau menjawab : "Tidak juga saya, kecuali jika Allah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya". (Riwayat Muslim).

No comments:

Post a Comment